• SMA Negeri 2 Batusangkar
  • +62 752 574775
  • sman2batusangkar@gmail.com

BERITA

  • 20 OBJEK WISATA PALING MENARIK DI BATUSANGKAR

    20 OBJEK WISATA PALING MENARIK DI BATUSANGKAR

    Wisata Menarik- Kabupaten Tanah Datar merupakan salah satu daerah yang menyimpan potensi pariwisata yang luar biasa. Kabupaten yang memiliki ibu kota Batusangkar ini sangat kaya dengan bukti-bukti sejarah, keindahan budaya dan kearifan lokal serta pemandangan alam yang luar biasa.
     
    Untuk menuju ibukota kabupaten ini dari kota padang menempuh jarak 100,9 km dengan waktu tempuh sekitar dua jam setengah. Kota Batusangkar merupakan icon wisata Budaya dari Propinsi Sumatera Barat. Hal tersebut disebabkan kota ini sangat kaya budaya dan di kabupaten inilah disebut-sebut asal muasal suku Minangkabau.
     
    For your information, di sinilah lahir Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah yang menjadi way of live nya orang Minang.
     
    Kali ini kita akan berkeliling di Tanah Datar untuk melihat tempat-tempat wisata yang akan menjadi tujuan wisata yang menarik bagi Anda. Berikut ini tempat-tempatnya :
     
    1. Istana Pagaruyung
     
    Sumber : www.http://lifestyle.liputan6.com/
    Sumber : http://lifestyle.liputan6.com/
    Istano Pagaruyuang yang berlokasi di Kenagarian Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas ini hampir sama dengan bangunan lain khas suku Minangkabau. Istana ini dilengkapi dengan Surau, Tabuah Larangan, Rangkiang Patah Sambilan, Tanjung Mamutuih dan Pincuran Tujuah.
     
    Bangunan Istana Pagaruyung memiliki 11 gonjong, 72 tonggak dan 3 lantai, dan dilengkapi dengan beragam ukiran yang tiap-tiap bentuk dan warna ukiran mempunyai falsafah sejarah dan budaya Minangkabau. Di sini Anda akan merasakan sehari menjadi pengantin dengan menggunakan baju Minangkabau.
     
    Istana yang sempat terbakar pada tahun 2007 silam ini terlihat amat megah dan unik. Itulah mengapa istana ini selalu ramai setiap harinya dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Disini Anda dapat berfoto sesuka hati Anda sambil melihat salah satu icon wisata Tanah Datar. 
     
    2. Pacu Jawi 
    Sumber : www.antarasumbar.com
    Pacu Jawi merupakan salah satu event pariwisata Nasional yang rutin diselenggarakan. Nah Agenda ini diselenggarakan di empat kecamatan yaitu Kecamatan Pariangan, Kecamatan Rambatan, Kecamatan Lima Kaum, dan Kecamatan Sungai Tarab.
     
    Sebenarnya pacu jawi di sini mirip dengan karapan sapi di Madur. Bedanya ialah lokasinya yaitu di sawah. Ini berkaitan dengan sejarah diadakannya pacu jawi ini yaitu hanya sekedar hiburan bagi laki-laki sebelum musim tanam tiba. Nah pacu jawi ini dapat memberikan Anda pengalaman wisata yang berbeda karena Anda bisa jadi peserta pacu jawi ini. Untuk itu, ketika ke Sumatera Barat, jangan lupa singgah di Tanah Datar.
     
    3. Balairuang Sari 
    sumber www.wisatasumbar.net
    Balairung Sari Di Nagari Tabek di Kecamatan Pariangan ini salah satu tempat wisata sejarah yang tak kalah menarik. Balairung sari merupakan bangunan tanpa dinding yang dulunya difungsikan sebagai tempat pertemuan untuk menyelesaikan masalah. Sekarang Balairungsari difungsikan sebagai salah satu khazanah objek pariwisata bernilai sejarah dan budaya di daerah ”Luhak Nan Tuo”.
     
    4. Puncak Pato
    sumber http://www.palingyess.com/
    Puncak ini berlokasi di Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, atau sekitar 17 km dari Kota Batusangkar.
    Puncak ini menjadi saksi sejarah sebagai benteng pertahanan kaum Paderi pimpinan Imam Bonjol menghadapi para penjajah. 
    Untuk naik ke Puncak Pato Anda hanya merogoh kocek sekitar Rp5.000, dan yang perlu diingat tempat ini belum ada yang jualan jadi siap-siap berlapar ria jika Anda tak membawa makanan.
    Sesampai di atas udara sejuk, pepohonan yang menjulang dan hamparan pemandangan sawah nan indah akan Anda saksikan di Puncak PaAto. Benar-benar luar biasa.
     
    5. Prasasti Adityawarman
    Prasasti yang dinamakan Prasasti Bukit Gombak ini adalah salah satu objek wisata selanjutnya di Tanah Datar. Lokasinya begitu dekat dengan istana Pagaruyung. Prasasti ini menjelaskan tentang status kedudukan Adityawaraman serta menyebutkan asal usul dari Adityawarman yaitu putra dari Adwayadwaja yang menjadi tonggak sejarah asal muasal Minangkabau.
     
    6. Batu Angkek-angkek
    Batu yang beralamat di Sungayang ini adalah batu yang unik yang memiliki mitos bahwa siapa yang bisa mengangkat batu ini cita-cita atau impiannya dapat tercapai. 
     
    Anda percaya atau tidak ? rasanya tak perlu percaya karena itu hanya mitos. Batu ini dinamai batu Angkek-angkek karena sejarahnya sejak ditemukan, orang-orang selalu ingin mengangkat batu tersebut.
     
    7. Rumah Gadang Balimbing
    Dinami juga Rumah Gadang Kampai Nan Panjang terletak di Nagari Balimbing yang merupakan salah satu nagari yang termasuk ke dalam wilayah kecamatan Rambatan. Berjarak 13 kilometer dari Batusangkar. Rumah ini sangat unik karena masih asli dan uniknya lagi rumah ini dibuat tanpa paku.
     
    8. Kincir Air Talawi
    sumber  : www.palingyess.com
    Kincir air raksasa ini dapat menjadi salah satu background unik foto Anda. Terletak di Batusangkar kincir air ini adalah sebuah alat untuk irigasi sawah warga.
     
    9. Batu Basurek
    Satu lagi peninggalan sejarah kerajaan Pagaruyung yang harus Anda kunjungi yaitu Batu Basurek. Batu ini terletak di desa kubu rajo nagari lima kaum berjarak 4 km dari batu sangkar. Terdapat keunikan dan cerita sejarah yang khas dalam bantu ini. Anda penasaran ? untuk itu jika ke Tanah Datar wajib singgah di tempat ini.
     
    10. Nagari Tuo Pariangan
    Ini dia salah satu Desa Wisata yang ada di Kabupaten Tanah Datar yang memiliki sausana yang benar-benar bernuansa khas Minangkabau dan tradisonal banget. Sebuah media pariwisata internasional dunia pernah menganugerahkan 5 desa terindah di dunia pada akhir tahun 2012 lalu, dan tahukah Anda desa ini termasuk salah satu dari 5 desa di dunia tersebut. Wow, Desa nan indah ini terletak di kaki Gunung Merapi di Nagari Pariangan Kec. Pariangan sekitar 13 kilometer dari kota Batusangkar.
     
    11. Benteng Fort van der Capellen
    Salah satu Benteng peninggalan Belanda ini masih kokoh di Batusangkar. Benteng Van der Capellen telah direnovasi pada tahun 2008 dan 2009 oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala untuk mengembalikan ke bentuk aslinya. Singgahlah di Benteng ini untuk mengetahui sejarah panjang dari benteng ini.

     
    12. Batu Batikam
    Satu lagi objek wisata sejarah yang diselimuti mitos di Batusangkar yaitu Batu Batikam. Mitos Batikam di sini maksudnya adalah batu yang ditikam keris karena ditengah batu ini ada lubang semacam bekas tikaman keris. Kalau saya ceritakan di sini rasanya Anda tak perlu lagi ke tempat itu. Untuk itu ceritanya akan saya rahasiakan biar Anda penasaran.
     
    13. Ustano Rajo
    Salah satu makam yang terletak di Tanah datar ini merupakan makam bersejarah yang merupakan jejak purbakala kebudayaan Minangkabau. Tempat ini merupakan kompleks makam keluarga Raja-Raja Pagaruyung.
     
    14. Lembah Anai
    sumber : ajouniang.blogspot.com
    Siapa yang tak tahu Lembah Anai. Pesonanya benar-benar memikat sejak zaman dahulu.  Hal itulah kenapa air terjun ini  berada di pinggir jalan. Pada 1833, Gubernur Jenderal Van den Bosch terpesona pada Lembah Anai dan karena itulah Ia kemudian memerintahkan membuat jalan raya dan jalur kereta api mengikuti alur Sungai Batang Anai.


    Air terjun legendaris ini, berjarak 60 km dari kota Padang di Nagari Singgalang memerintahkan membuat jalan raya dan jalur kereta api mengikuti alur Sungai Batang Anai melewati trans sumatra Padang-Bukittinggi.  Air terjun 35 meter ini selalu ramai pengunjung  karena sangat murah tiket masuknya yaitu Rp3.000.,-. Pemandangan di Cagar Alam ini sangat indah, jadi tak ada alasan untuk tidak singgah di tempat ini.
     
    15. Panorama Tabek Pateh
    sumber www.justsimple.asia
    Pemandangan dari ketinggian yang indah berada di di Nagari Tabek Patah, Kec. Salimpaung. Di sini kita bisa melihat panorama pesawahan yang indah dan Gunung Merapi yang menjulang tinggi.





    16. Danau Singkarak
    sumber www.general.web.id
    Danau terluas kedua di pulau sumatera setelah Danau Toba terletak di dua kabupaten yaitu Tanah Datar dan Solok. Danau dengan luas seribu hektar ini uniknya memilik luas yang selalu bertambah dari tahun ke tahun. 

    Dari kota Padang Anda harus berjalan menggunakan kendaraaan sekitar 78 km atau dengan waktu tempuh lebih dari dua jam. Dari Batusangkar sekitar 33 km. Karena keindahannya Danau ini dijadikan lokasi dan nama sebuah ajang balap sepeda tingkat Internasional yang bernama Tour de Singkarak yang mulai diselenggarakan pada tahun 2009. Ini merupakan ajang promosi wisata Sumatera Barat ke mata Dunia.

    Untuk urusan kuliner dan penginapan Anda tak perlu khawatir, di sini fasilitas sudah lengkap. Dengan menginap di sekitar danau ini, Anda akan merasakan suasana nyaman , sejuk dan tenang. Apalagi di kala senja, suasana romantis dan sejuk akan menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri bagi Anda.
     
    17. Bukit Batu Patah
    Sumber https://twitter.com/minangofficial
    Bukit Batu Patah terletak di Gunung Bungsu membatasi antara nagari Pagaruyung dengan jorong Kubang Landai kenagarian Saruaso kecamatan Tanjung Emas. Dari sini Anda dapat memandang kokohnya istana Pagaruyung dan keindahan alam lainya di kaki bukit.

    Udara yang sejuk dan hijau bukit dan pepohonan cocok menjadi tempat bersantai Anda dan keluarga. Selian itu disini ada tiga buah sumur yang airnya sangat jernih. 
     
    18. Ngalau Pangian
    Ngalau Pangian adalah sebah gua yag terletak di kecamatan Lintau Buo. Gua ini di dalamnya ada air yang selalu mengalir sepanjang waktu. Gua ini sangat panjang dan sama seperti gua lainnya di mana di dalamnya terdapat stalaktit, stalakmit, colom, dan lain-lain. Tebing-tebing di sekitar gua sangat cocok bagi Anda pencinta alam yang ingin melakukan olahraga panjat tebing.

    Untuk mencapai lokasi ini membutuhkan waktu sekitar satu jam dari kota Batusangkar.
    19. Tanjung Mutiara
    sumber :  www..gerilyanews.com
    Tanjung Mutiara adalah sebuah tempat yang berada di bibir danau singkarak. Tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan danau singkarak.



     

    20. Sate Didong Khas Batusangkar

    sumber : www.tanahdatar.go.id

    Tak lengkap rasanya bila perjalanan Anda tidak menikmati sebuah kuliner khas suatu daerah yang lezat. Di Batusangkar juga terdapat sebuah tempat makan yang enak yang wajib dikunjungi. Berlokasi di Pasar Batusangkar, Jalan Soekarno-Hatta dan sate ini  telah ada sejak tahun 1970-an ini.

    Jika datang sebaiknya Anda langsung memesan karena jika lambat akan kehabisan. Menurut penjualnya bule-bule sering makan sate ini jika berkunjung ke Batusangkar. Nah, untuk itu Anda jangan lupa untuk mencicipi kuliner nan lezat ini ya.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks