• SMA Negeri 2 Batusangkar
  • +62 752 574775
  • sman2batusangkar@gmail.com

BERITA

  • Dispendik Gelar Sosialisasi Aplikasi UNBK 2017

    Dispendik Gelar Sosialisasi Aplikasi UNBK 2017

    “Tahun ini tidak hanya tingkat SMP yang mengikuti UNBK, namun UN untuk kejar paket B dan C di Surabaya juga menggunakan sistem UNBK," kata kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya (Dispendik) Ikhsan.

    Ia mengungkapkan, pada kesempatan ini pihaknya juga mengundang Puspendik Kemdikbud agar para proktor dan teknisi mengetahui update terbaru mengenai kebijakan dalam pelaksanaan UNBK 2017, agar pelaksanannya dapat berjalan lancar.

    "Koordinasi dalam persiapan ataupun pelaksanaannya nanti Dispendik telah membuat tim, agar dalam koordinasi dengan perwakilan para proktor di setiap wilayah berjalan lancar," ungkap mantan Kepala Bapemas dan KB Kota Surabaya itu.

    Ia menjelaskan, koordinasi tersebut sama seperti pada tahun 2016 lalu, yakni menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana dalam berkomunikasi.

    Sementara itu, Tim UNBK Puspendik, Handaru Catu Bagus mengungkapan terlaksanakannya UNBK 100 persen di Surabaya pada tahun 2016 bisa memotivasi daerah-daerah lain untuk menyelengggarakan UNBK pada tahun 2017 nanti.

    “Tahun lalu ada sekitar 4.000 yang mengikuti UNBK, namun pada tahun 2017 ini jumlahnya naik menjadi 31.000 sekolah se-Indonesia yang mengikuti UNBK. Selamat untuk Kota Surabaya yang bisa menjadi pilot project tahun lalu dengan sukses," kata Handaru.

    Secara teknis, katanya, server utama dan cadangan yang digunakan oleh lembaga tidak disarankan menggunakan laptop, namun menggunakan PC/Tower/Desktop yang memiliki spesifikasi mumpuni.

    "Di antaranya, processor dengan 4 core dan frekuensi clock 1,6 GHz 64 Bit, RAM 8 GB, harddisk 250 GB, operating system (OS) 64 Bit Windows Server/Windows 7/Windows 8/Linux Ubuntu 14.04, UPS, dan 1 server cadangan," paparnya.

    Ia menambahkan, untuk client (utama dan cadangan) dapat menggunakan PC, laptop atau chrome book dengan monitor minimal 12 inch serta processor single core dengan frekuensi 400 MHz, RAM minimal 512 MB, Harddisk minimal tersedia 10 GB (free space), web browser exambro serta OS dapat Windows, Linux dan MacOS.

    “Jaringan internet harus stabil dan LAN tidak disarankan menggunakan Wi-Fi," tandas Handaru.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks